Main ke LA

Jadi setelah all hands di SF kemarin, saya bareng sama 3 temen lain sempet main ke LA. Rencana sebelumnya sebenernya adalah lanjut di SF barang 1 atau 2 hari sendirian sekalian main ke kantor Mozilla di Mountain View. Tapi begitu ditawarin main ke LA, saya akhirnya ngikut dan berganti rencana. Saya pikir menarik juga daripada ngebolang di SF sendirian.

Tanggal 1 Juli dari SF International Airport, kita ambil mobil rental yang udah kita pesen sebelumnya. Berangkat jam 11 pagi dari SF, lalu kita ambil jalur 101 ke LA. Dan ternyata, di Amerika juga macet dong!

Setelah 4 jam perjalanan (gara2 macet di pintu masuk jalur 101 dari SF), kita akhirnya mampir ke Monterey untuk cari makan siang. Monterey ini kotanya sunyi dan asri banget deh. Buat yang ngga suka kota yang terlalu rame, Monterey mungkin cocok. Dah gitu deket pantai (meskipun pantainya jelek. wkwk).

Kelar makan dab muter-muter dikit di garis pantainya, kita terus lanjutin perjalanan ke LA.

Sepanjang perjalanan selanjutnya, banyak ladang sayur sama winery. Sempet juga liat danau (kalo di peta namanya danau Castaic) sebelum akhirnya mampir lagi di Santa Monica buat cari makan malem. Restoran yang kita mau datengin ternyata udah tutup (jam 9 malem waktu itu). Jadilah kita akhirnya milih makan Pizza (yang masih buka).

Sampe di LA akhirnya tengah malem. Fyuuuuh, lumayan juga road trip hari ini (ngeluh aja, padahal ngga bantuin nyetir :b).

Hari pertama:

Warner bros studio

Jadi hari pertama ini jadwal kita adalah main2 ke Warner Bros Studio. Kalo diliat di Trip Advisor sih tempat ini jadi rekomendasi pertama di sekitaran Burbank. Jadi waktu temen2 nawarin ke studio ini, saya setuju aja (meskipun tiketnya lumayan mahal huhu).

Setelah sampe tempatnya, tuker tiket, nunggu sebentar, akhirnya kita dikasih masuk ke studio kecil gitu buat nonton video perkenalan (hostnya Ellen). Abis itu kita dibagi per group dan digiring ke mobil semacem golf cart gitu untuk muter2 komplek studionya.

Kesan pertama adalah: Super komplit dan super detil! Jadi ada banyak bangunan di komplek studio ini yang tentunya beda-beda fungsi juga.

Kita liat2 pameran bekas propertinya Batman, studionya Ellen show, Friends, studio Big bang Theory (yang ini ngga boleh dipotoin), set kafe tempat kerja Mia di film La la land, property department mereka (yang mana super duper komplit), pameran DC, Harry Potter, Fantastic beast, ada juga Capsule di film Gravity yang dipajang sama kostum astronotnya (seneng banget waktu nemu ini).

Total turnya sih sebenernya cuma 2 jam. Tapi setelah tur selesai, kita bisa main sepuasnya di studio terakhir. Ada macem2 disitu. Ada perspective table (yang mana kalo kita duduk berdua disitu, yang satu bisa keliatan lebih gede dari satunya). Kita juga cobain studio ala2 harry poter & batman (ini kaya anak kecil dah hihi tapi kita tetep aja seneng). Ada piala Grammy asli yang kita bisa pinjem buat foto. Sempet nyobain foto di settingannya film Friends juga. Seruuu dah. Nggak nyesel akhirnya memilih kesini daripada ngebolang di SF sendirian. (:

Hollywood street

Kelar main di WB studio dan jemput satu temen lagi yang milih main ke Getty Center, kita sengaja cari makan di sekiratan Hollywood biar abis itu bisa sekalian jalan2 disitu (karena cari parkir disana ternyata susah nan mahal). As expected, Hollywood street ini ramenya minta ampun. Banyak pedagang macem2 juga di trotoarnya (bahkan ada atraksi ular pula. Hih, kzl!). Kita cuma jalan dari restoran sampe ke Chinesse theater.

Griffith Observatory

Bosen jalan2 di Hollywood (karena beneran rame banget dan nggak banyak yang bisa kita liat kecuali nyari nama artis yang kita kenal di sepanjang jalan), akhirnya kita milih ke Griffith observatory. Griffith ini tempatnya ada di bukit. Jadi, kita musti jalan naik dari tempat kita parkir (sebenernya di atas ada parkiran juga, tapi udah penuh pas kita sampe sana).

Nah, dari Girffith ini kita bisa liat Hollywood sign (yang mana kalo malem nggak keliatan, jadi kalo mau foto2 musti dateng pas matahari masih keliatan). Foto2 sebentar sama Hollywood sign, trus kita lanjut naik ke atas.

Griffith ini sama aja ramenya (ditambah lagi karena kita kesana pas weekend). Antrian nyobain teropongnya udah pasti panjang banget jadi kita nggak kepikiran sama sekali buat ikutan ngantri.

Kalo kalian nonton film la la land, dan tau adegan Mia sama Sebastian terbang itu ya di Griffith Observatory ini ngambil gambarnya.

Hari kedua:

Santa Monica Beach

LA itu yah, dimana2 rame banget (yaiyalah ki). Apalagi di pantai Santai Monica ini. Beuh. Sama sekali ngga ada gairah buat main air (haha). Akhirnya, sembari temen-temen yang lain berjemur (saya mah ngapain juga berjemur. haha), akhirnya saya milih cari obyek foto ke dermaganya.

Venice Beach

Bener2 dah cari parkiran di LA itu susyahnya minta ampun. Karena setelah muter2 pun kita ngga nemu parkiran yang kosong. Akhirnya mau ngga mau kita parkir di parkiran umum (yang dikelola pihak swasta gitu) sekitaran situ yang mana tarifnya 25 USD sekali parkir (ini termasuk mehong sekalipun disini).

Nah, kalo pantai Venice ini tempatnya lebih nyentrik dari pada Santa Monica tadi. Banyak grafity dimana-mana. Lebih banyak kafe dan pedagang juga kalo disini. Bahkan banyak toko yang nawarin ganja (yang katanya) buat pengobatan. Wkwk.

Kita cuma muter2 aja disini (nggak main2 di pantainya). Ohya, kalo kita jalan agak ke selatan lagi bakal nemuin Muscle beach (yang mana sebenernya cuma pantai yang banyak alat gym-nya. wkwk).

Beverly Hills

Pulang dari Venice beach, kita muter sedikit di daerah Beverly hills sebelum akhirnya balik ke airbnb kita di daerah Echo Park.

Beda dari daerah lain di LA, cari parkir di Beverly hills sangatlah gampang (karena hampir tiap rumah punya garasi masing-masing. wkwk). Tapi kita nggak lama disini. Cuma muter2 dan mampir bentar buat foto. Sempet lewat Rodeo Dr juga sebelum balik karena kita dah mulai gerah dan pengen mandi.

LA Down town
Setelah makan malem, kita nyempetin muter di daerah Down town. Cuma sight seeing doang buat liat bangunan macem Walt Disney Concert Hall dan The Broad. Karena udah hampir tengah malem dan besok pagi musti ke bandara, kita cuma ngiter sebentar dan balik lagi (lagian dah sepi juga karena dah malem).

Tapi in the end of the day, bersyukur akhirnya memilih main ke LA. Karena LA lebih indah dari SF (dan lebih hangat pastinya). (: